Mekanisme Serangan Kilat

Bersamaan penimbunan muatan statis di awan badai bertambah, medan listrik yang melingkari awan jadi lebih kuat. Umumnya, udara yang melingkari awan juga akan jadi isolator yang cukup baik untuk menghindar keluarnya elektron ke Bumi. Tetapi, medan listrik yang kuat di sekitaran awan dapat mengionisasi udara di sekelilingnya serta membuatnya lebih konduktif. Ionisasi melibatkan pengguntingan elektron dari kulit luar molekul gas.

Molekul gas yang membuat udara dengan hal tersebut beralih jadi sup ion positif serta elektron bebas. Udara isolasi ditransformasikan jadi plasma konduktif. Kekuatan medan listrik badai awan untuk merubah udara jadi konduktor buat transfer muatan dari awan ke tanah mungkin saja berlangsung. Satu petir diawali dengan pengembangan seseorang pemimpin selangkah.

Keunggulan elektron di basic awan mulai perjalanan lewat udara yang lakukan ke tanah dengan kecepatan sampai 60 mil per detik. Elektron ini ikuti jalur zigzag menuju tanah, bercabang di beberapa tempat. Variabel yang memengaruhi perincian jalur sesungguhnya tidak di ketahui. Diakui kalau hadirnya kotoran atau partikel debu di beberapa sisi udara dapat membuat daerah pada awan serta bumi yang lebih konduktif di banding daerah beda.

Jadi pemimpin sel tumbuh, itu mungkin saja diterangi oleh sinar keunguan yang disebut ciri molekul udara terionisasi. Meski begitu, pemimpin takhta tidaklah pemogokan petir yang sesungguhnya. Ini cuma sediakan jalan pada awan serta Bumi yang pada akhirnya juga akan selekasnya dilewati petir. Jadi elektron dari pemimpin langkah mendekati Bumi, ada penambahan tolakan elektron ke bawah dari permukaan bumi.

Jumlah muatan positif yang ada di permukaan bumi jadi semakin besar sekali lagi. Tuduhan ini mulai bermigrasi ke atas lewat bangunan, pohon-pohon serta beberapa orang ke udara. Penambahan muatan positif naik di kenal jadi streamer, mendekati pemimpin langkah di udara diatas permukaan Bumi. Penyalur dapat menjumpai pemimpin ditempat yang sama dengan panjang lapangan sepak bola.

Demikian kontak di buat pada pita serta pemimpin, jalur pelurusan komplit dipetakan serta kilat diawali. Titik kontak pada ground charge serta cloud charge secara cepat naik ke atas dengan kecepatan setinggi 50. 000 mil per detik. Sejumlah satu miliar triliun elektron bisa melintang jalan ini kurun waktu kurang dari satu milidetik. Serangan awal ini dibarengi oleh sebagian serangan sekunder atau kenaikan muatan dengan cepat.

Lonjakan sekunder ini berjarak terpisah demikian dekat pada saat yang mungkin saja terlihat jadi pemogokan tunggal. Aliran muatan yang begitu besar serta cepat di selama jalur pada awan serta Bumi memanaskan udara di sekelilingnya, mengakibatkannya berkembang dengan hebat. Ekspansi udara membuat gelombang kejut yang kita amati jadi guntur.

Updated: March 16, 2018 — 2:15 am
Brenda Blog © 2018 Frontier Theme